Bagaimana Cara Astronot Kembali Ke Bumi

√ Bagaimana Cara Astronot Kembali Ke Bumi

Posted on

Seringkali kita bertanya-tanya Bagaimana Cara Astronot Kembali Ke Bumi. Astronot kembali kebumi Menggunakan kapsul ruang angkasa Soyuz
Modul Soyuz rata rata memerlukan waktu 2 jam 30 menit sebelum turun dan membuka parasut untuk mengurangi kecepatan di daerah atmosfer bumi. Sampai modul turun dengan kecepatan 800km/jam. Hingga mendekati permukaan tanah, roket pendorong akan menahan benturan ke tanah. Selama 2 jam tersebut disebut roller coaster

Biasanya Tempat pendaratan kapsul pesawat akan jatuh dan berada di daerah Kazaktan. Astronot melakukan persiapan dengan simulasi ketika memasuki orbit bumi. Termasuk kondisi kritis jika terjadi sesuatu. karena saking kerasnya Disebut seperti guncangan rollercoaster untuk kembali ke bumi.

Bagaimana Cara Astronot Kembali Ke Bumi soyuz

BACA JUGA:

BAGAIMANA CARA AKTIVASI WINDOWS 10

Kait Soyuz dengan stasiun ISS dilepas dengan dorongan per dan perlahan terlepas menjauh, barulah roket kecil di Soyuz dinyalakan untuk mengarah turun perlahan. Dimulai tahap paling berbahaya ketika memasuki orbit. Bila roket tidak tepat atau kurang kuat memberikan dorongan untuk memasuki orbit, kemungkinan modul Soyuz akan terpental kembali keluar gravitasi bumi. Dengan kata lain, astronot tidak pulang selamanya. Bila terlalu banyak mendorong ke arah bumi, modul Soyuz akan turun terlalu cepat dan terjadi gesekan dengan atmosfir yang mencapai panas 2000 derajat C atau setara dua kali titik didih besi.

ISS sebagai stasiun ruang angkasa akan merubah posisi modul mengarah sejajar ke bumi dan dilepas. Tujuannya agar tidak bertabrakan dengan lab ruang angkasa tersebut. Maklum stasiun ISS ukuranya setara satu lapangan Sepakbola, kalau modul salah dilepas akan menghantam panel surya yang sangat besar

Soyuz Bagaimana Cara Astronot Kembali Ke Bumi

Ada banyak sekali resiko bagaimana cara astronot kembali ke bumi, Bagaimana jika pemandu otomatis ternyata gagal bekerja atau blep alias error. Astronot bisa mengambil alih secara manual untuk mengarahkan modul mendarat. Disini masalahnya akan lebih buruk lagi, karena astronot akan mendapatkan tekanan 9G bila melakukan pendaratan manual. Terbayangkan dengan gaya tarik 9G, harus memegang sebuah joystick dan panel layar di ruang sempit yang cukup untuk 3 orang saja.

BACA JUGA:

BAGAIMANA CARA ALGAE MENDAPATKAN MAKANAN JELASKAN

Sebelum menyentuh tanah, roket dibawah kapsul akan menembakan roket untuk membuat melakukan soft landing. Kata astronot sebenarnya bukan soft landing tapi persiapan bagi astronot untuk mendapatkan guncangan terakhir. Kata Soft Landing adalah sentakan dari dorongan keatas sebelum modul menyentuh tanah.

Sesudah modul mencapai ketinggian 10,5km, kecepatan modul melambat dari 28.000km perjam menjadi 800km perjam dan parasut dibuka. Parasut terbuka otomatis tetapi parasut tidak bisa dibuka manual. Bagaimana bila parasut utama tidak bisa terbuka, tenang saja masih ada parasut cadangan. Sampai disisi ini aman bagi astronot untuk sampai ke permukaan Bumi.

https://www.bacabaca.net/wp-content/uploads/2018/12/Bagaimana-Cara-Astronot-Kembali-Ke-Bumi-karantina.jpg

Dari situ astronot tidak boleh langsung keluar harus menunggu tim medis datang menghampiri, juga harus melakukan rehabilitasi karena terlalu lama berada di ruang angkasa.
Nah begitulah Sobat Baca gambaran bagaimana cara astronot kembali ke bumi.

Sumber: Kaskus

Gravatar Image
Suka Tantangan, Travelling, Makan. #Happy Husband #Happy Dad #Happy Life