Bagaimana Cara Bermain Saham

√ Bagaimana Cara Bermain Saham

Posted on

Bagaimana Cara Bermain Saham ini yang sering calon investor pemula bingung. Dewasa ini bermain saham merupakan suatu pilihan gaya hidup masyarakat perkotaan untuk berinvestasi di Portofolio saham.

Sebelum memulai bermain saham atau berinvestasi saham ada baiknya kita mengenali dulu apa itu saham ? Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki potensi keuntungan yang jauh lebih besar daripada instrumen investasi lain seperti Deposito. Tetapi, berinvestasi saham faktanya juga bisa mendatangkan resiko yang sangat tinggi, apalagi kalau dilakukan tanpa pengetahuan yang memadai.

BACA JUGA:

BAGAIMANA CARA BELAJAR BAHASA INGGRIS OTODIDAK

Nah untuk yang baru mengenal apa itu saham ada baiknya terlebih dahulu kita berinvestasi dalam ilmu belajar tentang saham. Bukan langsung membeli saham secara membabi buta.

Berikut bagaimana cara bermain saham untuk pemula

1. Baca Buku atau temukan mentor yang bisa membantu kita memberikan Info yang benar tentang Saham

Saat ini sudah banyak buku-buku yang membahas tentang bagaimana cara bermain saham, baik lokal maupun internasional. Gali Informasi sebanyak banyaknya tentang mentor yang mengajarkan tentang saham, rekomendasi untuk Sobat Baca bisa Searching Ellen May Institute.

2. Mulai dengan dana yang tidak terlalu besar

Cara lainnya bagaimana cara bermain saham adalah dengan mencoba dengan modal kecil terlebih dahulu meskipun Sobat Baca memiliki modal yang lebih besar. Jangan Coba coba langsung menggunakan modal besar untuk tahap awal belajar.

3. Pilih satu atau dua perusahaan publik yang ingin kamu investasikan

Buka website BEI kemudian pilihlah dan seleksi Perusahaan mana yang menurut Sobat Baca memiliki kinerja bagus. Ingat untuk permulaan pilih satu atau dua perusahaan terlebih dahulu sampai mahir baru ditingkatkan jumlah perusahaan yang di seleksi.

Bagaimana Cara Bermain Saham

4. Pilih Saham yang Kinerjanya sudah terbukti

Untuk yang baru bermain saham atau berinvestasi saham jangan memulai dengan perusahaan yang memiliki nilai kapitalisasi kecil atau saham yang sangat fluktuatif. Karena saham yang seperti ini sangat rentan untuk di “goreng” para pemain besar.
Jadi Pilihlah perusahaan yang memiliki kinerja keuangan bagus dan memiliki prospek bagus kedepannya.

5. Lihat Sentimen Pasar

Dalam berinvestasi Saham Sentimen Pasar merupakan salah satu indikator naik turunnya saham. Sentimen pasar sendiri dipengaruhi berbagai macam kebijakan baik dalam dan luar negeri. Baik itu Kebijakan suku bunga acuan, inflasi, kebijakan pemerintah sampai kabar burung tentang perusahaan.

BACA JUGA:

BAGAIMANA CARA AGAR TIDAK MALAS BELAJAR

6. Pantau Pergerakan Ekonomi Dalam Negeri dan Dunia

Pantau pergerakan trend ekonomi yang terjadi didunia bagaimana arah pergerakannya. Apakah dalam kondisi normal, Boom, atau Depresi karena pasar saham mengikuti kondisi perekonomian dunia.

7. Kontrol Emosi

Dalam dunia Saham maupun Trading kontrol emosi sangat penting karena sangat dipengaruhi sifat dasar manusia tentang “Fear & Greedy”. Banyak Contoh para Investor saham yang Loss besar karena tidak bisa mengontrol emosi mereka.

Bermain saham memang tergolong cara menghasilkan uang cepat tapi perlu diingat itu harus dibarengi dengan ilmu yang cukup dan kontrol emosi yang baik. Nah itu Sobat Baca bagaimana cara bermain saham yang sedikit bisa Sobat praktekkan. Salam Profit

Gravatar Image
Suka Tantangan, Travelling, Makan. #Happy Husband #Happy Dad #Happy Life